Mengenal Pore-Clogger Checker yang Viral di TikTok: Cara Simpel dan Gratis Cek Ingredients Skincaremu

Hai teman-teman! Aku senang banget bisa berbagi tentang cara sederhana untuk memeriksa apakah produk kecantikan yang kita gunakan mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori kulit wajah. Topik ini sedang sangat viral di platform TikTok, dan sebagai perempuan dengan kulit yang rentan berjerawat, aku juga ingin ikut 'meramaikan' hal ini.

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, aku ingin pentingnya mengetahui tentang produk yang kita gunakan apakah mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori. Menurutku, ada dua alasan:


  1. Salah satu penyebab jerawat: Pori-pori yang tersumbat bisa jadi penyebab jerawat, lho. Mereka suka bikin gangguan buat aliran minyak dan keringat di kulit kita. Akibatnya, bisa muncul komedo, jerawat, dan peradangan. Nah, dengan hindari produk yang punya bahan penyumbat pori-pori (comedogenic), setidaknya kita bisa lebih jaga kesehatan kulit dan semoga terhindar dari masalah kulit yang bikin bete. Produk yang digunakan pada kulit dan rambut sebaiknya bebas dari bahan comedogenic.
  2. Supaya Skincare Makin Oke: Yes, sebagai acne fighter yang udah nyobain cukup banyak skincare, aku tuh selalu mikir, "Ini produk beneran diserap kulitku gak ya?" Karena rasanya tidak ada perubahan yang berarti. Kemudian, aku mulai ngelirik ingredient yang ada di skincare aku dan mengamati apa yang bikin breakout atau apa yang works. Aku mempelajari ada banyak sekali kategori dan skintype yang ada hubungannya sama ingredient (jelas, dong!). Nah, ada tuh yang namanya kandungan/ingredient yang cenderung menyumbat pori (comedogenic), sebaliknya ada kandungan yang non-comedogenic. Mulai lah aku pilih-pilih mana skincare aku yang bisa masuk kategori skincare tanpa produk comedogenic-nya dan wah, ada progress yang keliatan, loh!


Jadi, apa sih kandungan atau ingredient yang mengandung bahan comedogenic
Well, kalau itu sih ada banyak! Lalu, apakah yang tidak mengandung itu jadi sedikit? Ya tidak, ada banyak juga. Nah, daripada ribet ngapalin mana yang comedogenic dan non, ada cara sederhana yang cuma modal copas untuk liat hasilnya. Yaitu pakai check pore-clogging ingredients.

Ada banyak yaa website yang menyediakan layanan cek kandungan/bahan skincare ini, yang pernah aku gunakan adalah dari SkinCarisma dan Natural Acne Clinic.

Caranya mudah sekali, 
  1. Cari di Google nama lengkap produk dengan menambahkan "ingredients" di akhir.
    Contoh: "COSRX Low PH Cleanser ingredients".
  2. Salin bahan-bahannya dan tempelkan di kolom yang telah disediakan.
  3. Klik "Check Ingredients" dan dapatkan hasilnya.
Tampilan pore clogger checker tool versi Natural Acne Clinic

Mudah, bukan? Semoga dengan langkah-langkah sederhana ini, kita bisa lebih aware terhadap bahan-bahan dalam produk kecantikan kita, yaa. Bisa skincare maupun make up. Dengan mengetahui bahan-bahan yang ada dalam produk kecantikan yang kita gunakan, kita bisa lebih selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita.

FYI, my Baumann Skin type adalah DSPW, yang ternyata menurut dr. Leslie Baumann masuk dalam one of the most complex and challenging skin types to manage. Memilah skincare dan make up dari ingredientsnya adalah hal paling mudah dan penting yang bisa aku lakukan. Kamu juga bisa cek skin type mu lewat kuis yang ada pada halaman Skin Type Solutions.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kedai Kopi: Kisah Rasa dan Resiliensi di Setiap Gelas

La mer est un poème sans fin

World that Seemed Strangely Familiar