Tentang Catatan Kaki

Alhamdulillah, awal bulan Januari ini aku telah melaksanakan sidang tugas akhir. Adapun hasilnya adalah aku dinyatakan lulus namun ada revisi yang perlu aku selesaikan. Salah satu revisinya terkait tentang penulisan catatan kaki yang harus dimulai dari nomor 1 pada setiap BAB-nya.

Aku mencari informasi di internet dan menemukan cara-cara yang aku coba untuk menyelesaikan misi tersebut. Dan melalui page ini, aku akan berbagi cara apa yang berhasil dilakukan untuk bisa mengubah catatan kaki agar berbeda di setiap BAB-nya.

Cara mengubah nomor catatan kaki, menjadi mulai 1 lagi pada setiap BAB adalah dengan me-reset pengaturan catatan kaki (footnote) tersebut. Namun sebelum membuka pengaturan catatan kaki itu, kita perlu terlebih dahulu memisahkan halaman pada BAB agar setiap BAB memiliki bagian baru. BAB baru, adalah kepala baru. Demikian jika diibaratkan.

Sehingga, ada dua tahapan yang perlu dilalui. 

1. Membuat New Section pada Setiap BAB (dan Daftar Pustaka).

2. Mengubah Sistem Penomoran Catatan Kaki.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Yang pertama, membuat section atau Next Page.

Buka halaman terakhir pada BAB 1, misalnya halaman 13. Kemudian, letakkan kursor di baris terakhir (adalah yang paling dekat dengan nomor halaman di bagian bawah).

Pilih menu tab "Page Layout" 

Pilih menu "Breaks"

Pilih menu di bagian "Section Breaks", klik "Next Page" [insert a section break and start the new section on the next page"

Setelah melakukan ini, ada kemungkinan terdapat halaman kosong sebelum BAB II. Jangan khawatir, untuk menghapusnya, letakkan kembali kursor di baris terakhir dari halaman terakhir sebelum BAB II. Iya, kita ada di halaman kosong tersebut, lalu tekanlah tombol "Delete" atau "Del" pada keyboard, beberapa kali hingga BAB II menjadi naik dan halaman kosong tersebut hilang. 

Silakan ulang langkah-langkah tersebut untuk BAB II dan seterusnya, yaa.

Yang kedua, adalah mengubah penomoran catatan kaki.

Kamu bisa meletakkan kursor-mu dimana saja pada langkah ini. Yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah menekan menu tab "References" pada layar, dan perhatikan bagian "Footnotes".

Disana, tepatnya di samping pojok kanan bawahnya ada tanda panah miring ke kanan bawah. Klik tanda panah ini. 

Selanjutnya akan ada kotak dialog yang judul di atasnya, "Footnote and Endnote"

Pada kotak dialog inilah kita akan mengubah sistem penomoran untuk catatan kaki agar dapat berubah pada setiap BABnya. 

  • Numbering: ubah dari yang biasanya "continuous" menjadi "Restart Each Section" (pilihan kedua). 

  • Apply Changes to: ubah dari yang biasanya "this section", menjadi "Whole Document"
  • Setelah melakukan langkah a dan b, klik "insert". 


Nah, itulah langkah-langkah mengubah agar catatan kaki (footnote) dapat berubah kembali menjadi nomor 1 di setiap BAB-nya. Setiap ada BAB baru yang sudah menjadi new section, maka otomatis nomor referensi juga akan dimulai lagi dari 1 lagi. 

Semoga penjelasan ini membantu. Semangat pejuang tugas akhir!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kedai Kopi: Kisah Rasa dan Resiliensi di Setiap Gelas

La mer est un poème sans fin

World that Seemed Strangely Familiar